PT PUPUK SRIWIDJAJA

BAB 7

JENIS-JENIS DAN BENTUK KOPERASI

Jenis koperasi menurut PP 60/1959 PT Pupuk Sriwidjaja merupakan jenis koperasi industri sebab bergerak di bidang industri pupuk dan kimia lainnya. Menurut  teori klasik PT Pupuk Sriwidjaja  termasuk dalam jenis koperasi penghasil atau koperasi produksi yang berkaitan dengan industri pupuk. Konsep penggolongan koperasi (Undang-undang No. 12/67 pasal 17) PT Pupuk Sriwidjaja adalah Penjenisan koperasi didasarkan pada kebutuhan dari dan untuk efesiensi suatu golongan masyarakat yang homogen karena kesamaan aktivitas / kepentingan ekonominya guna mencapai tujuan bersama anggota-anggotanya. PT Pupuk Sriwidjaja menurut bentuk koperasi (Sesuai PP No. 60 Tahun 1959) yaitu koperasi induk sebab pelopor  produsen pupuk nasional dan menunjang kebijaksanaan dan program pemerintah di bidang ekonomi dan pembangunan nasional, khususnya di industri pupuk dan kimia lainnya. PT Pupuk Sriwidjaja menurut bentuk koperasi (Administrasi Pemerintah; PP 60 Tahun 1959) termasuk di tiap daerah Tingkat 1 ditumbuhkan Gabungan Koperasi sebab  terletak di Palembang sumatera selatan. PT Pupuk Sriwidjaja adalah koperasi sekunder karena koperasi yang beranggota-anggotanya yaitu organisasi koperasi.

Kesimpulan:

Dari analisis di atas saya simpulkan bahwa PT Pupuk Sriwidjaja merupakan jenis koperasi industri dan menurut teori klasik PT Pupuk Sriwidjaja jenis koperasi pengahasil / koperasi produksi. Menurut bentuk koperasi PT Pupuk Sriwidjaja yaitu koperasi induk dan koperasi sekunder.

BAB 8

PERMODALAN KOPERASI

KONSEP MODAL

PT Pupuk Sriwidjaja pada tahun 2012 mempunyai modal sebesar 3.904.782 (dalam jutaan rupiah). Terdiri dari modal jangka panjang  sebesar 795.014 dan modal jangka pendek sebesar 901.491 (dalam jutaan rupiah).

SUMBER-SUMBER MODAL KOPERASI

Sumber-sumber modal koperasi (UU NO.12/1967) PT Pupuk Sriwidjaja memiliki simpanan pokok pada tahun 2012 sebesar 1.174.109 (dalam jutaan rupiah), simpanan wajib 5.285.493, simpanan sukarela 492.802, dan modal sendiri 3.904.782 (dalam jutaan rupiah). Sedangkan menurut sumber-sumber modal koperasi (UU No. 25/1992) PT Pupuk Sriwidjaja pada tahun 2012 memiliki modal sendiri sebesar 3.904.782 (dalam jutaan rupiah) dan modal pinjaman 1.696.505 (dalam jutaan rupiah).

DISTRIBUSI CADANGAN  KOPERASI

Cadangan menurut UU No. 25/1992 PT Pupuk Sriwidjaja pada taun 2012 adalah 1.764.690 (dalam jutaan rupiah).

Kesimpulan:

Menurut saya berdasarkan analisis diatas saya simpulkan bahwa PT Pupuk Sriwidjaja tahun 2012 mempunyai modal 3.904.782 (dalam jutaan rupiah), cadangan 1.764.690 (dalam jutaan rupiah), dan modal pinjaman 1.696.505 (dalam jutaan rupiah).

BAB 9

EVALUASI KEBERHASILAN KOPERASI DILIHAT DARI SISI ANGGOTA

Efek-Efek Ekonomis  koperasi

Salah satu hubungan penting yang harus dilakukan PT Pupuk Sriwidjaja adalah dengan para anggotanya, yang kedudukannya sebagai pemilik sekaligus pengguna jasa koperasi.

Pada dasarnya setiap anggota akan berpartipasi dalam kegiatan pelayanan perusahaan PT Pupuk Sriwidjaja:

  • Jika kegiatan tersebut sesuai dengan kebutuhannya.
  • Jika pelayanan itu di tawarkan dengan harga, mutu atau syarat-syarat yang lebih menguntungkan di banding yang di perolehnya dari pihak-pihak lain di luar koperasi.

Efek Harga dan Efek Biaya

Partisipasi anggota menentukan keberhasilan PT Pupuk Sriwidjaja. Sedangkan tingkat partisipasi anggota di pengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya : Besarnya nilai manfaat pelayanan koperasi secara utilitarian maupun normatif.

Penyajian dan Analisis  Neraca Pelayanan

Ada dua faktor utama yang mengharuskan PT Pupuk Sriwidjaja meningkatkan pelayanan kepada anggotanya.

  • Adanya persaingan dari organisasi lain organisasi lain
  • Perubahan kebutuhan manusia sebagai akibat perubahan waktu dan peradaban. Perubahan kebutuhan ini akan menentukan pola kebutuhan anggota dalam mengkonsumsi produk-produk yang di tawarkan oleh PT Pupuk Sriwidjaja

BAB 10

EVALUASI KEBERHASILAN KOPERASI DI LIHAT DARI SISI PERUSAHAAN

Efesienssi Perusahaan koperasi PT Pupuk Sriwidjaja

Tidak di pungkiri bahwa PT Pupuk Sriwidjaja adalah Badan Usaha yang kelahirannya di landasi oleh fikiran sebagai usaha kumpulan orang-orang bukan kumpulan modal. Oleh karena itu PT Sriwidjaja tidak boleh terlepas dari ukuran efesiensi bagi usahanya, meskipun tujuan utamanya melayani anggota.

Manfaat ekonomi langsung (MEL) PT Pupuk Sriwidjaja adalah penjualan pupuk urea non subsidi sebagai pemenuhan kebutuhan pupuk sektor perkebunan, industri maupun eksport.

Manfaat ekonomi tidak langsung (METL) PT pupuk Sriwidjaja adalah untuk mendukung program pangan nasional dengan memprioritaskan pruduksi dan pendistribusian pupuk bagi petani di seluruh indonesia.

Produktivitas koperasi PT Pupuk Sriwidjaja pada tahun 2011-2012

1

Analisan laporan keuangan

2

BAB 11

PERANANAN KOPERASI

Peranan koperasi dalam berbagai bentuk pasar berdasarkan sifat dan bentuknya PT Pupuk Sriwidjaja adalah Pasar dengan persaingan sempurna (perfect competitive market) sebab PT Pupuk Sriwidjaja sebagai pelopor prudusen pupuk urea di indonesia dengan tujuan utama untuk melaksanakan program pemerintah dalam bidang pertanian. Selain itu PT Pupuk Sriwidjaja bertanggung jawab dalam melaksanakan distribusi dan pemasaran pupuk bersubsidi kepada petani sebagai bentuk pelaksanaan public service obligation (PSO) untuk mendukung program pangan nasional. PT Pupuk Sriwidjaja juga masuk kedalam pasar Oligopoli sebab PT Sriwidjaja sebagai produsen pupuk nasional dan dalam penjualannya mengunakan strategi subsidi bagi kebutuhan para petani dan non subsidi bagi kebutuhan perkebunan, eksport dan industri.

Sumber :

http://www.pusri.co.id

http://ocw.gunadarma.ac.id/course/economics/management-s1/ekonomi-koperasi/jenis-dan-bentuk-koperasi/view

http://ocw.gunadarma.ac.id/course/economics/management-s1/ekonomi-koperasi/permodalan-koperasi/view

http://ocw.gunadarma.ac.id/course/economics/management-s1/ekonomi-koperasi/evaluasi-keberhasilan-koperasi-dilihat-dari-sisi

http://ocw.gunadarma.ac.id/course/economics/management-s1/ekonomi-koperasi/evaluasi-keberhasilan-koperasi-dilihat-dari-sisi-1

http://ocw.gunadarma.ac.id/course/economics/management-s1/ekonomi-koperasi/peranan-koperasi

By riyantobbs

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s