MASALAH NEGARA

Xi Jinping tegaskan perang terhadap korupsi

Senin, 7 Januari 2013 21:12 WIB | 1510 Views

 

Beijing (ANTARA News) – Pimpinan Partai Komunis China, Xi Jinping, meminta semua pihak, termasuk lembaga peradilan dan lembaga keamanan publik, untuk memerangi korupsi dan ketidakadilan.

Xi dalam pernyataan tertulis yang disampaikan pada konperensi hukum dan politik di Beijing, Senin, mendesak agar hukum benar-benar ditegakkan dalam memerangi korupsi, termasuk dalam proses peradilan korupsi. 

Ia meminta kepada semua aparat, lembaga hukum dan peradilan, serta lembaga keamanan publik untuk dapat memastikan adanya keadilan dalam setiap penyelesaian kasus hukum dan korupsi di pengadilan, sekaligus mewujudkan sistem sosialis berkarakterisik china yang stabil dan harmonis. 

Xi mendesak semua lembaga hukum untuk benar-benar melakkan reformasi dalam sistem hukum dan peradilan, mengawasi kinerja aparat kepolisian, dan meningkatkan kemampuan penegakan hukum untuk menjamin kepuasan, rasa aman, sekaligus memenangkan kepercayaan publik.

Ia menekankan bahwa setiap lembaga hukum memiliki peran penting untuk menjaga keamanan nasional dalam rangka mendukung pembangunan ekonomi dan sosial nasional yang stabil, serta kehidupan masyarakat yang damai. 

Xi menambahkan setiap lembaga hukum harus mengakomodasi aspirasi publik tentang keamanan sosial, keadilan peradilan, serta melindungi hak dan kepentingannya untuk membangun China yang damai berdasarkan hukum.

Secara umum, dia juga mengimbau masyarakat China untuk membangun sistem hukum sosialis yang efisien dan kredibel, dan meningkatkan komunikasi dengan peningkatan teknologi dan ilmu pengetahuan media dalam melawan korupsi.
(T.R018/D007)

Editor: Priyambodo RH

Menurut saya penyelesaian masalah korupsi di china belum tentu bisa di terapkan di indonesia sebab kalau hanya mengandalkan aparat hukum saja dan masyarakat kaya blm cukup harus di tambah kan uu yang mutlak bagi aparat untuk membrantas korupsi. Itu juga dengan catatan aparat nya mau bener-bener mau membrantas korupsi tanpa pandang bulu.

Sumber: http://www.antaranews.com/berita/351954/xi-jinping-tegaskan-perang-terhadap-korupsi

By riyantobbs

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s