PEMASARAN

PENGERTIAN PEMASARAN

Di  bawah ini pengertian pemasaran menurut para ahli:

  1. 1.      Wiiliam J Stanton

Pemasaran adalah keseluruhan intern yang berhubungan dengan kegiatan-kegiatan usaha yang bertujuan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang akan memuaskan kebutuhan pembeli baik pembeli yang ada maupun yang pembeli yang pontensial.

  1. 2.      Philip dan Duncan

Pemasaran meliputi semua langkah yang digunakan atau diperlukan untuk mendapatkan barang-barang berujud kepada konsumen.

  1. 3.      American Marketing Association

Pemasaran meliputi pelaksanaan kegiatan usaha niaga yang diarahkan pada arus aliran barang dan jasa dari produsen dan konsumen.

Fungsi utama mengapa kegiataan pemasaran dilakukan:

  1. Untuk memberikan informasi tentang produk yang akan dijual perusahaan.
  2. Untuk mempengaruhi keputusaan membeli konsumen.
  3. Untuk menciptakan nilai ekonomis suatu barang.

Hubungan pemasaran dan pasar

Hubungan antara pemasaran dan pasar sangat erat, karena pasar merupakan tempat terjadinya transaksi jual beli, sedangkan pemasaran merupakan kegiatan bagaimana agar produksi terjual dan dapat memuaskan keinginan pembeli sehingga pembeli akan membeli produk perusahaan yang sama setelah mereka merasa cocok dan puas akan produk yang bersangkutan.

Bagaimana mempelajari pemasaran

Mempelajari pemasaran dapat dilakukan dari berbagai pendekatan yaitu:

  1. Pendekatan serba fungsi

Pendekatan serba fungsi mempelajari pemasaran dilihat dari apa saja kegiatan pokok pemasaran yang dilakukan. Adapun kegiatan pokok pemasaran adalah:

  1. Pembelian

Pembelian ini diartikan pembeli barang-barang untuk dijual maupun pembelian barang-barang yang merupakan bahan masukan lainnya untuk menghasilkan produk suatu perusahaan.

  1. Pengankutan

Adalah kegiatan memindahkan barang baik bahan baku ke proses produksi maupun setelah menjadi barang jadi dari pabrik ke konsumen.

  1. Penjualan

Adalah kegiatan pemasaran yang paling pokok karena penjualan mempengaruhi naik turunnya pendapatan perusahaan, sedangakan mati hidupnya perusahaan amat tergantung pencapaian target penjualan yang diharapkan dapat menambah masukan pendapatan perusahaan.

  1. Penyimpanan

Adalah menyimpan barang produksi perusahaan atau barang yang akan dijual untuk sementara waktu sebelum dipasarkan.

  1. Pembelanjaan

Merupakan fungsi untuk mendapatkan dana atau modal baik dari supplier bahan baku, maupun dana (kredit) jangka pendek dari bank atau lembaga keuangan lainnya.

  1. Penanggungan resiko

Merupakan kegiatan untuk menghindari dan mengurangi resiko yang berkaitan dengan pemasaran, misalnya: Banjir, turunnya kualitas dan melesunya pasar dll.

  1. Standardisasi dan grading

Standardisasi (normalisasi) adalah penentuan batas-batas dasar dalam bentuk khusus terhadap barang-barang baik berdasarkan jumlah, kualitas, kapasitas, kekuatan ataupun ukuran fisik barang.

Grading adalah kegiatan mengelompokan barang ke dalam kelompok standar kualitas yang sudah diakui secara internasional.

  1. Pengumpulan informasi pasar
  2. Pendekatan serba barang (pendekatan organisasi industri)

Adalah suatu pendekatan pada pemasaran yang melibatkan studi tentang bagaimana barang-barang tertentu berpindah tangan produsen ke tangan konsumen akhir atau konsumen industri.

Barang dapat digolongkan menjadi 2 macam:

  1. Pengolongan barang menurut tingkat pemakaiannya ada 3 macam:
    1. Barang tahan lama
    2. Barang tidak tahan lama
    3. Jasa
  2. Penggolongan barang menurut tujuan pemakaian ada 2 macam:
    1. Barang konsumsi terdiri dari:

–          Barang konvenien

–          Barang shopping

–          Barang spesial

  1. Barang industri terdiri dari:

–          Bahan baku

–          Barang setengah jadi

–          Instalasi

–          Peralatan

  1. Pendekatan serba lembaga

Pendekatan serba lembaga mempelajari fungsi pemasaran dilihat dari segi organisasi/lembaga yang terlibat dalam kegiatan pemasaran:

  1. Produsen sebagai penghasil barang jadi
  2. Supplier sebagai penyedia bahan baku
  3. Perantara pedagang
  4. Perusahaan saingan
  5. Konsumen, dan sebagainya
  6. Pendekatan serba manajemen

Pendekatan serba manajemen mempelajari pemasaran dilihat dari pendapat manajer serta keputusan yang diambil.

  1. Pendekatan serba sistem

Pendekatan ini menyangkut elemen-elemen yang luas dalam sistem pemasaran termasuk pendekatan serba fungsi, manajemen, produk, dan lembaga.

Kegiatan Utama Pemasaran

Kegiatan utama pemasaran atau juga sebagai marketing mix adalah suatu perangkat perusahaan yang terdiri dari 4 variabel yaitu produk, struktur harga, kegiatan promosi dan saluran distribusi dengan tujuan untuk menentukan tingkat keberhasilan pemasaran perusahaan yang bisa memberikan kepuasan dalm pemenuhan kebutuhan konsumen yang di pilih atau segmen pasar yang dilayani.

Produk

Produk merupakan hasil dari proses produksi perusahaan yang nantinya akan dijual perusahaan atau barang yang dibeli untuk dijual kembali kepada konsumen akhir ( bagi perusahaan dagang).

Harga

Merupakan faktor pertimbangan utama terhadap orang sejenis bagi sebagian besar masyarakat Indonesia terutama mereka yang tergolong ke dalam golongan ekonomi lemah.

Salah satu prinsip penting dalam penentuan harga bagi manajemen perusahaan adalah menitikberatkan kemampuan dan kemauan membeli dengan harga yang telah disepakati bersama dan bagi perusahaan harga tersebut telah cukup menutup ongkos maupun menghasilkan laba.

Saluran Distribusi Pemasaran

Adalah saluran yang dipakai oleh produsen untuk menyalurkan barang hasil produksinya kepada konsumen, baik sampai berpindahnya hak (penguasaan) sampai dengan pemindahaan barang maupun hanya pemindahan hak kepemilikannya saja.

Promosi

Promosi merupakan kegiatan terakhir dari marketing mix yang sangat penting karena sekarang ini kebanyakan pasar lebih banyak bersifat pasar pembeli di mana keputusan terakhir terjadinya transaksi jual beli sangat dipengaruhi oleh konsumen.

 

KESIMPULAN:

Pemasaran adalah suatu proses kegiatan usaha yang bertujuan menjual produk, menentukan harga, mendistribusikan dan mempromosikan hasil produksi perusahaan kepada konsumen.

 

DAFTAR PUSTAKA:

Widyatmini, Pengantar Bisnis, Edisi Pertama, Gunadarma Jakarta, 1994.

By riyantobbs

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s