MANAJEMEN DAN ORGANISASI

  1. PENGERTIAN MANAJEMEN DAN MANAJER

Definisi manajemen menurut Profesor Oei Liang Lee adalah sebagai berikut :

Manajemen adalah ilmu dan seni merencanakan, mengorganisasikan, mengarahkan, mengkoordinasikan serta mengawasi tenaga manusia dengan bantuan alat-alat untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Manajemen merupakan sarana untuk mencapai tujuan organisasi dengan memanfaatkan alat yang tersedia semaksimum mungkin.

Manajemen merupakan kegiatan pokok yang dilakukan seorang pimpinan karena dia menjabat sebagai manajer untuk mengolah input menjadi output melalui proses manajemen.

Jenjang manajemen dalam organisasi pada dasarnya terbagi menjadi 3 bagian: Top Manajer, Midle Manajer, Manajer Lini.

  1. FUNGSI MANAJEMEN

Merupakan perincian dari kegiatan yang dilakukan oleh seorang manajer dalam mengelola perusahaan. Secara garis besar fungsi manajemen dibagi menjadi 5:

  1. Planning (perencanaan)
  2. Organizing (pengorganisasian)
  3. Coordinating (koordinasi)
  4. Directing (pengarahan)
  5. Controlling (pengawasan)
  6. ORGANISASI DAN PERILAKU KEORGANISASIAN

3.1. Pengertian Organisasi

Organisasi adalah salah satu sarana untuk mencapai tujauan perusahaan melalui fungsi-fungsi manajemen yang dilakukan seorang pimpinan dengan organisasi yang terrcipta di perusahaan yang bersangkutan.

Menurut Boone dan Katz organisasi didefinisikan sebagai berikut:

Organisasi adalah suatu proses tersusun yang orang-orangnya berinteraksi untuk mencapai tujuan.

Dari definisi diatas dapat disimpulkan bahwa organisasi mencakup 3 elemen pokok:

  1. Interaksi manusia
  2. Kegiatan yang mengarah pada tujuan
  3. Stuktur organisasi itu sendiri

v  Pola organisasi

Pola oragisasi dibagi menjadi dua bagian yaitu organisasi formal dan organisasi informal.

v  Stuktur organisasi

Stuktur organisasi merupakan kelanjutan dari dua bentuk pola organisasi. Stuktur organisasi yang dibentuk akan selalu berdasarkan pada 3 komponen organisasi yaitu interaksi manusia, kegiatan yang terarah ke tujuan, stuktur.

v  Bentuk organisasi dibagi menjadi 6 golongan yaitu:

  1. Organisasi Lini
  2. Organisasi fungsional
  3. Organisasi lini dan staff
  4. Organisasi fungsional dan lini
  5. Organisasi matrik
  6. Organisasi komite

3.2. Perilaku keorganisasian

Perilaku keorganisasian adalah pemahaman tentang bagaimana dan mengapa orang berperilaku dalam dunia kerja, sehingga yang diperhatikan masalah personalia atau karyawan yang bekerja khususnya perilaku mereka dalam bekerja. Perilaku keorganisasian tersebut menyangkut bagaimana sesorang membentuk kelompok dan motivasi.

  • KESIMPULAN:

Manajemen adalah Ilmu yang mempelajari bagaimana manusia atau perusahan untuk mencapai tujuan.

Manajer adalah Orang yang melakukan ilmu manajemen dalam melaksanakan tugasnya.

  • DAFTAR PUSTAKA:

Widyatmini, Pengantar Bisnis, Edisi Pertama,Gunadarma Jakarta,1994.

 

 

 

 

 

 

By riyantobbs

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s